Tips Memilih Sekolah dari MUI

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau Prof DR H Mahdini mengimbau para orang tua agar selektif dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya, bagi yang beragama Islam, sebaiknya memilih sekolah yang juga bernuansa Islam pula.

Sekarang ini, banyak tawaran sekolah-sekolah global yang mungkin secara kredibilitas berada di atas rata-rata. Namun jangan dilupakan pula, pendidikan agama dan akhlak anak tersebut.

Pendidikan akhlak dan agama merupakan hal yang tidak boleh terlupakan apalagi ditinggalkan semata-mata mengejar kesuksesan duniawi. Perlu diketahui juga, bahwa tidak semua institusi pendidikan formal mengajarkan tentang akhlak dan keagamaan. Untuk itu, para orang tua perlu, bahkan sangat perlu agar selektif dalam memilih jenjang pendidikan untuk anak-anak. Jangan sampai salah dan menyesal di belakang hari.

Jangan sampai, demi mengejar kecerdasan duniawi, akhlak dan akidahnya menjadi terganggu dan kian berkurang.

Hal ini sangat dikhawatirkan sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menentukan jenjang pendidikan anak.

Sebaiknya, orang tua memilih pendidikan formal yang tidak hanya berkualitas, namun juga memiliki nilai pembentukan akhlak yang mulia.

Dengan bersekolah di sekolah yang memiliki kualitas agamis, maka diharapkan anak tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan mengedepankan akhlaknya yang mulia. Salah satu hal yang penting dari cabang pendidikan untuk anak adalah mengajarkan kepadanya tentang akhlak yang baik.

Selain itu, hendaknya para orang tua juga menekankan tentang pembelajaran sederhana bagi anak untuk membentuk karakter yang baik. Penguatan karakter yang bermoral serta berakhlak mulia, akan menuntun anak bangsa menjadi penerus yang tidak hanya cerdas, namun juga jujur dan beriman.

Sumber: Republika Online (ROL)

Subscribe to receive free email updates: